WA : 0812 8657 6168, BBM 7f9aaabc

mferrywong@yahoo.com

 

Konseling & Terapi

Home Care Therapy + Conseling

(Sesuai Perjanjian)

 

WA. 0812 8657 6168, BBM 7f9aaabc

 

SIPT : 448/77/SIPT/DINKES/XII/2010

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Anak 4 Tahun Sulit Bicara

Jurnal Bogor, Posted by Hilman Septian on March 17th, 2011
Rubrik : Kesehatan

 

Assalamualaikum.
Pak Ferry. Saya Jaja. Anak saya Ahmad Ilham sudah 4 tahun umurnya tapi belum lancar berbicara. Padahal semua fisik Alhamdulillah tidak ada kekurangan, kira-kira kenapa ya pak? Mohon penjelasannya. Terimakasih.
Jaja | 08521085xxxx

 

Jawaban:
Walaikumsalam Wr. Wb Saudara Jaja yang dicintai Allah SWT. Pada umumnya kepandaian anak bicara tergantung pola asuh orang tua juga kepada anak. Seberapa banyak orang tua melatih anak bicara, tentunya akan mempengaruhi koleksi kosakata anak. Hal terpenting adalah orang tua harus cepat tanggap ketika anak menunjukkan tanda-tanda keterlambatan dalam perkembangan kemampuan bicara. Di bawah ini ada beberapa faktor penyebabnya yaitu:


1. Gangguan dengan pendengaran
Pada umumnya anak yang mengalami gangguan pendengaran tidak akan memberi respons terhadap bunyi-bunyian di sekitarnya. Gangguan pendengaran menyebabkan anak mengalami hambatan dalam memahami, meniru dan menggunakan bahasa.


2. Gangguan pada otot bicara
Ciri paling utama adalah lafal bicara tidak kunjung sempurna. Terkadang otaknya sudah memerintahkan untuk menjawab dengan benar, tapi yang keluar dari mulut tetap tidak jelas karena adanya gangguan neurologist atau persarafan pada otot lidah. Penangangan pijat atau akupunktur pada daerah tengkuk leher (belakang leher) sangat memberikan manfaat pada keluhan ini.

 

3. Keterbatasan kemampuan kognitif
Ciri dari keterbatasan ini adalah kemampuan merepresentasikan objek yang dilihat dalam bentuk gambar. Misalnya, anak mengalami gangguan bicara biasanya juga kurang mampu melakukan aktivitas lain yang sederhana seperti memakai sepatu atau mengancingkan baju. Penangangan pijat atau akupunktur pada daerah ubun-ubun kepala dan pelipis kepala sangat memberikan manfaat pada keluhan ini.

 

Gangguan pervasif
Pada umumnya terjadi pada anak yang mengalami ADD (Attention Defisit Disorder). Anak ini mengalami masalah di pusat sarafnya. Gangguan ini biasanya tidak berdiri tunggal, tapi disertai ciri-ciri lain, semisal pekerjaannya tidak pernah tuntas, sulit atau tidak bisa konsentrasi. Penangangan pijat atau akupunktur pada daerah ubun-ubun kepala, pelipis kepala, tengkuk leher (belakang leher), telinga sangat memberikan manfaat pada keluhan ini.
Kurangnya komunikasi serta interaksi dengan orangtua atau lingkungan sekitarnya.
Banyak orang tua tidak menyadari bahwa cara mereka kurang atau jarang berkomunikasi dengan anak akan membuat anak tidak punya banyak perbendaharaan kata-kata. Optimalkan mengajak anak bicara walaupun belum mengerti dan belum memahami, kapanpun, dimanapun tetap ajak bicara terus dan tatap matanya.
Jawaban di atas membantu mengetahui lebih jauh mengenai kondisi keluhan dan bukan  menggantikan konsultasi langsung. Insya Allah, dapat memberikan manfaat dan diberikan kesembuhan segera. Silahkan konsultasikan langsung apabila masih membutuhkan jawaban lanjut. Obat herbal kapsul yang tersedia adalah NATURAL FIT untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan peredaran darah yang dapat diperoleh juga di apotik atau klinik Suhu YO Cibubur , Depok, Tangerang, dan www.naturaltherapycenter.us.

= M Ferry Wong
www.naturaltherapycenter.us 

 

Sumber : http://www.jurnalbogor.com/?p=158629