SmS : 0812 8657 6168

mferrywong@yahoo.com

 

Konseling & Terapi

Home Care Therapy + Conseling

(Sesuai Perjanjian)

 

WA. 0812 8657 6168, BBM 7f9aaabc

 

SIPT : 448/77/SIPT/DINKES/XII/2010

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cerebral Palsy

3 Sept 2013

 

Cerebral palsy mengacu pada sekelompok gejala termasuk kontrol miskin otot , kelenturan , kelumpuhan , dan masalah neurologis lain akibat cedera otak sebelum, selama , atau segera setelah lahir .

Penyebab cerebral palsy termasuk cedera lahir , kekurangan oksigen , infeksi , dan penyakit parah .

Gejalanya mulai dari kecanggungan hampir tak terlihat untuk kelenturan parah dan mungkin termasuk cacat intelektual , masalah perilaku , kesulitan melihat atau mendengar dengan baik , dan gangguan kejang .

Diagnosis didasarkan pada pengembangan miskin, kelenturan , dan kelemahan otot .
Sebagian besar anak dengan cerebral palsy hidup menjadi dewasa .
Tidak ada obat untuk cerebral palsy , tetapi terapi fisik dan pendidikan khusus dapat membantu anak-anak mencapai potensi tertinggi mereka .

Cerebral palsy mempengaruhi 2 sampai 4 dari setiap 1.000 bayi , tetapi 10 kali lebih umum di antara bayi prematur . Hal ini terutama umum di antara bayi berat lahir sangat rendah .

Cerebral palsy bukanlah penyakit . Sebaliknya, itu adalah konstelasi gejala yang dihasilkan dari kerusakan pada bagian otak yang mengontrol gerakan otot ( area motorik ) . Kadang-kadang anak-anak yang memiliki cerebral palsy memiliki kerusakan pada bagian lain dari otak juga . kerusakan otak yang menghasilkan cerebral palsy mungkin terjadi selama kehamilan , saat persalinan , setelah lahir , atau pada anak usia dini . setelah kerusakan otak telah terjadi , itu tidak lebih buruk meskipun gejala dapat berubah sebagai anak tumbuh dan matang . kerusakan otak yang terjadi setelah usia 5 tidak dianggap cerebral palsy .

PENYEBAB
Banyak jenis cedera pada otak bisa menyebabkan cerebral palsy , dan sering lebih dari satu penyebab yang terlibat . Cedera Kelahiran dan suplai oksigen ke otak sebelum, selama , dan segera setelah lahir menyebabkan 15 sampai 20 % kasus . Infeksi prenatal , seperti rubella , toksoplasmosis , infeksi sitomegalovirus atau , kadang-kadang mengakibatkan cerebral palsy . bayi prematur sangat rentan , mungkin sebagian karena pembuluh darah otak yang kurang berkembang dan mudah berdarah . Tingginya kadar bilirubin dalam darah dapat menyebabkan bentuk kerusakan otak yang disebut kernikterus . Selama tahun-tahun pertama kehidupan , penyakit berat , seperti radang selaput otak ( meningitis ) , sepsis , trauma , dan dehidrasi berat , dapat menyebabkan cedera otak dan mengakibatkan cerebral palsy .

GEJALA
Gejala-gejala cerebral palsy dapat berkisar dari kecanggungan hampir tak terlihat untuk kelenturan parah yang berbelit lengan dan kaki anak , membutuhkan alat bantu mobilitas , seperti kawat gigi , kruk , dan kursi roda .

4 JENIS

Ada empat jenis utama cerebral palsy : Spastic , athetoid , ataksia, dan dicampur Dalam semua bentuk cerebral palsy , pidato mungkin sulit untuk dipahami karena anak memiliki kesulitan mengendalikan otot-otot yang terlibat dalam pidato Karena bagian non - motor dari otak juga dapat dipengaruhi , banyak anak-anak dengan cerebral palsy memiliki cacat lainnya , seperti keterbelakangan mental / cacat intelektual , masalah perilaku , kesulitan melihat atau mendengar dengan baik , dan gangguan kejang .

TIPE SPASTIK
Yang terjadi pada lebih dari 70% anak-anak dengan cerebral palsy , otot-otot kaku dan lemah . Kekakuan dapat mempengaruhi kedua lengan dan kedua kaki ( quadriplegia ) , terutama kaki dan bagian tubuh ( paraplegia atau diplegia ) , atau hanya lengan dan kaki pada satu sisi ( hemiplegia ) . lengan dan kaki yang terkena dampak kurang berkembang , kaku , dan lemah . Beberapa anak bisa berjalan dalam gerakan silang , di mana satu ayunan kaki atas yang lain ( gunting kiprah ) , dan beberapa mungkin berjalan pada jari kaki mereka . crossed , malas , atau mata mengembara ( strabismus ) dan masalah penglihatan lainnya mungkin terjadi . Anak-anak dengan quadriplegia spastik yang paling parah terkena dampaknya . mereka umumnya memiliki keterbelakangan mental / cacat intelektual ( kadang berat ) bersama dengan kejang dan kesulitan menelan . masalah dengan menelan membuat anak-anak rentan terhadap tersedak sekresi dari mulut dan perut ( aspirasi ) . aspirasi melukai paru-paru , menyebabkan kesulitan bernapas . aspirasi berulang secara permanen dapat merusak paru-paru . anak dengan kejang diplegia biasanya memiliki yang normal perkembangan mental dan jarang mengalami kejang . Sekitar seperempat dari anak-anak dengan hemiplegia spastik memiliki kecerdasan di bawah normal , dan sepertiga dari mereka memiliki kejang .

TIPE ATHETOID
Yang terjadi pada sekitar 20 % dari anak-anak dengan cerebral palsy , otot-otot secara spontan bergerak perlahan dan tanpa kontrol normal . Mutasi tangan, kaki , dan tubuh bisa menggeliat , tiba-tiba, dan dendeng . Emosi yang kuat membuat gerakan buruk, dan tidur membuat mereka menghilang . Anak dengan tipe athetoid biasanya memiliki kecerdasan normal dan jarang mengalami kejang . Kesulitan dengan mengartikulasi kata-kata secara jelas dan biasanya adalah umum dan sering parah . Anak dengan tipe athetoid yang disebabkan oleh kernikterus umumnya memiliki tuli saraf dan kesulitan melihat ke atas .

TIPE ATAKSIA
Yang terjadi pada sekitar 5 % anak-anak dengan cerebral palsy , koordinasi miskin dan gerakan yang goyah . Anak dengan tipe ataksia juga memiliki kelemahan otot dan gemetar . Anak-anak dengan gangguan ini memiliki kesulitan membuat gerakan cepat atau denda dan berjalan terhuyung-huyung, dengan kaki banyak spasi .

TIPE CAMPURAN
Dua jenis di atas , paling sering kejang dan athetoid , digabungkan . Tipe ini terjadi pada banyak anak dengan cerebral palsy . Anak-anak dengan jenis campuran mungkin memiliki keterbelakangan mental yang berat / cacat intelektual .

DIAGNOSA
Cerebral palsy sulit didiagnosis pada masa bayi awal . Sebagai bayi jatuh tempo , pengembangan miskin , lemah , kejang-kejang, atau kurangnya koordinasi menjadi terlihat . Meskipun tes laboratorium tidak dapat mengidentifikasi cerebral palsy , dokter mungkin melakukan tes darah dan computed tomography ( CT ) atau magnetic resonance imaging ( MRI ) otak untuk menjelaskan sifat dari kerusakan otak dan mencari gangguan lain . dokter mungkin merekomendasikan pengujian tambahan , seperti studi listrik saraf ( konduksi saraf ) dan otot ( electromyography ) atau biopsi otot ( sepotong kecil jaringan otot yang diambil dan diperiksa di bawah mikroskop ) , jika gejala anak tampaknya berkembang dalam cara yang tidak khas cerebral palsy . tipe spesifik cerebral palsy sering tidak dapat dibedakan sebelum anak berusia 2 tahun .

PROGNOSIS DAN PENGOBATAN

Prognosis biasanya tergantung pada jenis cerebral palsy dan tingkat keparahannya . Kebanyakan anak dengan cerebral palsy hidup menjadi dewasa . Hanya yang paling parah terkena dampak - orang tidak mampu setiap perawatan diri - memiliki harapan hidup secara substansial dipersingkat .

Cerebral palsy tidak dapat disembuhkan , dan masalah perusahaan adalah seumur hidup . Namun , banyak yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mobilitas dan kemandirian anak
. Pengobatan yang dari lakukan adalah :

  • Terapi Fisik

  • Terapi Okupasi

  • Alat bantu dengar

  • Kawat gigi dapat meningkatkan kontrol otot

  • Terapi jalan, terutama ketika rehabilitasi dimulai sedini mungkin

  • Pendidikan dan sekolah khusus

  • Obat antikejang

  • Obat pengendur otak (untuk mengurangi tremor dan kekakuan)

  • Terapi wicara bisa memperjelas pembicaraan anak dan membantu mengatasi masalah makan.

  • Rehabilitasi

  • Bedah dapat dilakukan untuk memotong atau memperpanjang tendon otot kaku yang membatasi gerak . Kadang-kadang memotong akar saraf tertentu yang berasal dari sumsum tulang belakang ( punggung rhizotomy ) mengurangi spastisitas dan dapat membantu beberapa anak yang prematur , asalkan kelenturan sebagian besar mempengaruhi kaki dan perkembangan mental yang baik.

  • Beberapa anak dengan manfaat kelenturan parah dari pompa implan yang memberikan infus kontinu baclofen sekitar sumsum tulang belakang , meskipun teknik ini masih eksperimental dan tidak banyak digunakan . toksin botulinum dapat disuntikkan ke dalam otot kejang .

Anak-anak dengan cerebral palsy tumbuh normal dan menghadiri sekolah reguler jika mereka tidak memiliki cacat intelektual dan fisik yang berat . Anak lain memerlukan terapi fisik yang luas , perlu pendidikan khusus , dan sangat terbatas dalam aktivitas sehari-hari , memerlukan beberapa jenis perawatan seumur hidup dan bantuan . Namun , bahkan anak-anak sangat terpengaruh bisa mendapatkan keuntungan dari pendidikan dan pelatihan , yang meningkatkan kemandirian dan harga diri dan sangat mengurangi beban bagi anggota keluarga atau pengasuh lainnya .

Informasi dan konseling tersedia bagi orang tua untuk membantu mereka memahami kondisi anak mereka dan potensial dan untuk membantu dengan masalah yang muncul . Pengasuhan Mencintai dikombinasikan dengan bantuan dari publik dan swasta , seperti lembaga kesehatan masyarakat , organisasi kesehatan seperti Cerebral Palsy Amerika Asosiasi , dan organisasi rehabilitasi vokasional , dapat membantu anak-anak mencapai potensi tertinggi mereka .

Bell's Pasy adalah penyempitan syaraf ini di muka . Penyakit ini menimbulkan lumpuh sementara dibagian sebelah muka kita ( kanan/kiri ) .

Biasa ini terjadi untuk umur disekitar 20 - 60 tahun. Syaraf yang kena adalah Syaraf No 7 (istilah kedokteran), dan ia berada 1 jari dari kuping kita. Jadi kalau bagian kiri yang terganggu, maka muka kita yang bagian kiri akan lumpuh sementara. Penyakit ini mirip Stroke atau sering disebut stroke ringan .

 

Sumber : http://www.merckmanuals.com/home/childrens_health_issues/cerebral_palsy_cp/cerebral_palsy_cp.html?qt=cerebral%20palsy&alt=sh