SmS : 0812 8657 6168

mferrywong@yahoo.com

 

Konseling & Terapi

Home Care Therapy + Conseling

(Sesuai Perjanjian)

 

WA. 0812 8657 6168, BBM 7f9aaabc

 

SIPT : 448/77/SIPT/DINKES/XII/2010

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hamil Usia 41 Tahun

Jurnal Bogor, 22 Juli 2010
Rubrik: Kesehatan

 

Ass. Pak Ferry. Saya bapak umur 40 tahun dan istri 41 tahun. Yang saya tanyakan ramuan herbal apa yang cocok untuk ibu hamil yang usianya sudah mencapai 41 tahun supaya dalam proses melahirkan nanti mudah? Masalahnya saya dengar pada usia tersebut sangat rawan dalam proses melahirkan. Terima kasih.

Muhamad | 08592507xxxx

 

Walaikumsalam Wr Wb Saudara Muhamad yang dicintai Allah SWT. Proses kelahiran cenderung memicu kecemasan, terlebih lagi pada ibu yang baru pertama kali melahirkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil atau akan merencanakan hamil di usia 40-an, diantaranya adalah:

a. Kondisi fisik

 Kualitas kromosom tidak sebaik di usia muda dengan pertimbangan resiko melahirkan anak dengan cacat fisik atau mental akan lebih besar.

 Elastisitas panggul makin berkurang yang menyebabkan kesulitan saat melahirkan.

 Rongga panggul dan otot-ototnya melemah sehingga tidak mudah lagi menghadapi komplikasi berat seperti perdarahan.

 Sebagian besar persalinan dilakukan dengan operasi caesar.

 Kualitas sel telur yang tidak bagus dapat menyebabkan resiko cacat bawaan bayi.

 Rentang usia pengasuhan anak tidak panjang. Misalnya ibu punya bayi di usia 41, saat anak remaja, usia ibu sudah masuk usia punya cucu


b. Kondisi psikologis

 Merasa aman karena karir dan finansial sudah lebih mapan.

 Bersikap lebih tertutup karena merasa inilah satu-satunya kesempatan untuk punya anak.

 Kesiapan ayah dan ibu untuk menjadi orangtua mempengaruhi reaksi emosi selama kehamilan. Misalnya besarnya harapan akan kehamilan  menimbulkan kecemasan tentang kondisi bayi dan proses kelahiran.

 Kelelahan akibat perubahan kondisi biologis dan hormonal pospartum serta kondisi fisik secara umum pada ibu usia 40-an yang merupakan tekanan besar bagi ayah dan ibu.

 Beresiko mengasuh anak dengan secara berlebihan dan tertutup.

 

Walaupun memiliki resiko cukup tinggi, kehamilan di usia 40-an ini juga bisa berhasil dengan baik. Cukup banyak ibu yang melahirkan bayi sehat di usia ini, dengan catatan calon ibu harus benar-benar memerhatikan kondisi fisik dan kesehatan serta rajin periksa ke sarana kesehatan. Ramuan herbal yang sering digunakan untuk membantu memudahkan dalam proses melahirkan adalah tapak liman, rumput fatimah (Labisa pumila), dan daun katuk. Tapak liman bersifat melicinkan karena mengandung senyawa compositae. Sebaiknya pemakaian semua jenis herbal dengan pengawasan ahlinya dan tenaga medis lainnya. Jawaban di atas untuk membantu mengetahui lebih jauh mengenai kondisi keluhan dan bukan untuk menggantikan konsultasi secara langsung. Insya Allah, dapat memberikan manfaat dan diberikan kesembuhan segera.

= M Ferry Wong
www.naturaltherapycenter.us 

 

Sumber : http://www.jurnalbogor.com/?p=114643