SmS : 0812 8657 6168

mferrywong@yahoo.com

 

Konseling & Terapi

Home Care Therapy + Conseling

(Sesuai Perjanjian)

 

WA. 0812 8657 6168, BBM 7f9aaabc

 

SIPT : 448/77/SIPT/DINKES/XII/2010

 

 

 

 

 

 

 

Awas Kista Ginjal

Jurnal Bogor, 30 January 2010

Rubrik :Kesehatan

Bogor - Rupanya kista bukan hanya ditemukan di kandungan, tapi ia juga dapat tumbuh di ginjal. Seperti pada kasus Muhammad Lutfi Aldinar, seorang bocah duafa dalam melawan kista ginjal yang sudah diidapnya sejak usia lima tahun itu. Berbeda dengan ginjal sehat yang mulus, ginjal berkista tampak seperti ditumbuhi bola-bola seukuran bola pingpong.

Pada prinsipnya, kista merupakan kantung berisi cairan. Apabila seseorang yang terkena kista ginjal lebih berpeluang terkena batu ginjal, bahkan jika dibiarkan lama kelamaan bisa menyebabkan gagal ginjal. Tentu itu menjadi momok yang menakutkan. Bayangkan, tidak hanya sakit badan, lemas dan tidak bertenaga, tetapi juga kondisi keuangan keluarga digerogoti sampai habis.

“Indikator terganggunya fungsi ginjal adalah meningkatnya kadar kreatinin. Umumnya kista ginjal itu diderita orang berusia 30 atau 40 tahun, dan penyakit ini sifatnya genetika atau turunan dan pembentukannya bisa jadi dimulai sejak masa kanak-kanak,” jelas Pakar Pengobatan Herbal Natural Therapy M. Ferry Wong kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Menurut Ferry, keluhan kista ginjal itu umumnya menimbulkan rasa nyeri pinggang akibat massa kista yang cukup besar. Apalagi bila disertai infeksi, maka dampaknya ialah perdarahan dan penderita akan merasakan nyeri hebat.

“Memang operasi bisa dilakukan untuk mengecilkan kista agar tidak terasa nyeri lagi. Namun hal ini tidak berarti menghentikan perkembangan kista, artinya suatu hari sangat mungkin timbul kembali,” kata pria berkacamata itu.

Dalam penanganan kista ginjal, yang terpenting adalah menjaga tekanan darah karena fungsi ginjal bisa jadi sedikit terganggu oleh adanya kista, dan tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan kerja ginjal menjadi lebih berat lagi dan mempercepat perkembangan kista.

“Menjaga pola hidup dan pola makan sehat. Hindari makanan berkolesterol tinggi, alkohol, kopi, stres berlebihan, dan rutin berolahraga bisa memperlambat perkembangan kista,” ujar Ferry seraya menambahkan obat herbal yang sering digunakan adalah temulawak, daun sambiloto, temu putih, Mahkota Dewa, dan Pegagan.

Bagi Anda yang ingin berpartisipasi dalam penggalangan koin untuk Muhammad Lutfi Aldinar dapat mendatangi Stand Natural Therapy Center, Taman Sempur pada Minggu, 31 Jan 2010.

Nasia Freemeta Iskandar

Sumber : http://www.jurnalbogor.com/?p=79067